Balaikota Ribut ! Masih Belum Ada Pengganti Wakil Gubernur

by -132 views
Drama Politik_Balaikota Ribut Masih Belum Ada Pengganti Wakil Gubernur

Drama Politik – Resminya Sandiaga Uno menjadi cawapres 2019 membuat dirinya harus mundur dari kursi wakil gubernur DKI Jakarta dimana surat pengunduran telah dibacakan di hadapan DPRD pada rapat paripurna, senin (27/8) lalu.

Proses pengisian jabatan wakil gubernur pun mulai bergulir. PKS dan Gerindra selaku partai pengusung Anies Baswedan-Sandiaga di Pilgub DKI berhak mengajukan nama untuk mengisi kekosongan jabatan yang sudah ditinggalkan oleh Sandiaga Uno.

Namun hingga kini tampak belum ada kesepakatan antara PKS dan Gerindra terkait siapa yang akan diusulkan untuk menggantikan Sandi. Pengamat politik Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun berpendapat posisi wakil gubernur sebaiknya segera diisi.

Kekosongan jabatan wagub akan berpengaruh terhadap kinerja pemerintahan di DKI. Sebab, secara otomatis pemerintahan hanya dilakukan Anies sendiri. Kepemimpinan Anies seorang diri, menurut Ubedilah akan berdampak pada tidak efektifnya roda pemerintahan.

Ubedilah mengatakan jika hanya memimpin seorang diri, Anies tak memiliki partner untuk ikut memberikan pertimbangan sebelum membuat sebuah keputusan ataupun kebijakan.

“Pak Anies membutuhkan wakil untuk mengambil keputusan lebih tepat dan lebih ada pertimbangan, ada pembagian tugas juga,” tuturnya.

Ubedilah menyampaikan ketika nantinya Gerindra dan PKS akhirnya telah bersepakat soal nama yang akan diusulkan, DPRD DKI juga harus segera memproses hal tersebut.

Jika dilihat, komposisi anggota DPRD DKI memang lebih banyak diduduki oleh partai oposisi dari Anies-Sandi. Merujuk hal itu, kemungkinan DPRD DKI untuk mengulur-ulur waktu penetapan wakil gubernur bisa saja terjadi.

Hal senada disampaikan pengamat politik dari Habibie Center, Bawono Kumoro. Bawono menilai tak etis jika DPRD DKI justru mengulur atau bahkan menghambat proses pengisian jabatan wakil gubernur. Apalagi, jika hal tersebut hanya digunakan untuk menaikkan posisi tawar kepada Anies.

Loading...