Berpikir Jernih ! Ini adalah Hutang Negara Tertinggi Didunia

by -245 views
Ini adalah Hutang Negara Tertinggi didunia

Drama Politik – Permasalahan hutang menjadi acapkali sering diungkit sejak pemilihan Presiden semakin dekat di 2019 ini, berikut merupakan hal yang harus diangkat dan dibicarakan agar masyarakat tidak bertindak gegabah dengan isu ini.

Berikut merupakan cuplikan ucapan yang dikatakan oleh salah satu aktifis deklarasi #2019GantiPresiden :

“Kita harus mendapaktan porsinya, kita akan mendapatkan porsinya, kita memiliki hutang lebih dari 50 persen dan diambang kehancuran” ucap Neno pada cuplikan video tersebut.

Jika kita lihat dengan melakukan pencaharian di mesin pencaharian “google” kita dapat melihat negara yang memiliki hutang terbanyak di dunia :
1. Amerika Serikat
2. Jepang
3. China
4. Italia
5. Perancis
6. Jerman
7. Inggris
8. Brazil
9. India
10. Kanada

Jika kita lihat dari data tersebut jika negara adidaya dengan negara pendapatan terbesar dunia masuk dengan peringkat 1 dimana Amerika Serikat memiliki hutang paling besar didunia disusul oleh Jepang dan China yang jelas jika perekonomian sangat maju dari 10 tahun terakhir ini.

Ini merupakan salah satu cuplikan tentang pandangan hutang piutang yang berdasarkan data dan fakta yang jelas :

Seperti yang dikatakan mentri keuangan, Sri Mulyani menjelaskan, jumlah utang yang digabung sebanyak Rp 9.000 triliun sudah memiliki tanggung jawab dari masing-masing entitas. Sehingga, tidak sesuai jika kemudian total utang secara keseluruhan langsung dibandingkan dengan negara lain.

“Di dalam mengelola seluruh perekonomian masing-masing entitaskan punya tanggung jawab. Jadi kalau dari sisi perekonomian, kita bisa saja membuat keseluruhan utang termasuk negara lain buat keseluruhan negara-negara perekonomian bisa utang rumah tangga, korporasi, utang BUMN, utang lembaga keuangan, pemerintah,” jelasnya.

“Jadi kalau membahas ya konsisten saja. Kalau utang korporasi, ya dia dibandingkan volume korporasi. Kalau BUMN dibandingkan total aset dan revenue-nya. Utang rumah tangga ya terhadap perbandingan yang sama juga,” tambahnya.

Bagimana pandangan anda akan hal ini?

Loading...