Dinyatakan Mencemarkan Nama Baik Lippo, 1 Tahun Penjara

by -260 views
Dinyatakan Mencemarkan Nama Baik Lippo, 1 Tahun Penjara

Seorang wanita yang pernah memposting jejak bisnis Lippo mendapatkan 1 tahun hukuman penjara dengan dikatakan telah melanggar UU ITE.

Wanita dengan nama lengkap Nelly Rosa Yulhiana dihukum 1 tahun dikarenakan telah memposting di akun pribadi Facebooknya pada 11 Juli 2017, dalam postingan tersebut dirinya menuliskan jejak bisnis Lippo dengan tajuk “Lippo Way”.

Pihak Lippo tidak terima karena menurutnya tulisan-tulisan di akun Facebook itu tidak sesuai fakta dan mencemarkan nama baik Lippo. Nelly akhirnya dipolisikan oleh Lippo dan diadili di PN Jaksel.

Pada 2 Agustus 2018, PN Jaksel menjatuhkan hukuman 1 tahun penjara kepada Nelly. Majelis meyakini Nelly dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan, mentransmisikan yang dapat diaksesnya informasi elektronik atau dokumen elektronik yang memiliki muatan pencemaran nama baik secara berlanjut.

Atas hal itu, Nelly tidak terima dan mengajukan banding.

“Menguatkan putusan PN Jaksel,” ujar majelis banding sebagaimana dilansir website MA, Jumat (21/12/2018).

Duduk sebagai ketua majalis Abid Saleh Mendrofa dengan anggota Elwanisah dan Edwarman. Nelly dinilai terbukti melanggar Pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 UU ITE.

“Terdakwa sendiri telah mengakui perbuatan mentransmisikan informasi elektronik atau dokumen elektronik yang dianggap memiliki muatan pencemaran nama baik, telah dilakukannya,” ujar majelis.

Loading...