Lion Air PK-LQP Sepertinya Tidak Pecah di Udara

by -269 views
Lion Air PK-LQP Sepertinya Tidak Pecah di Udara

KNKT, Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Soerjanto Tjahjono sebagai ketua KNKT memberikan tanggapan dari perkembangan investigasi atas jatuhnya pesawat Lion Air JT610, dirinya mengatakan jika pesawat itu Lion Air sepertinya tidak pecah di udara, melainkan pecah ketika menabrak keras permukaan air laut.

“Serpihan pesawat Lion Air JT610 banyak dalam jumlah kecil itu menandakan jika pesawat menyentuh air dengan kecepatan yang sangat tinggi” Ucap Soerjanto di depan keluarga kordan di Hotel Ibis, Cawang, jakarta timur. Senin (5/11/18).

Ketua KNKT juga mengatakan jika serpihan itu tesebar dipermukaan laut yang diperkirakan dengan luas 250 meter persegi. Pesawat Lion Air tersebut diperkuat memang jatuh dan pecah di permukaan air dengan keterangan saksi.

“Laporan dari yang kita wawancara, yaitu tugboat yang berjarak 1 nautical mile atau 1,8 kilometer, mereka melihat ada sesuatu yang masuk ke dalam air. Setelah itu, kapal tongkang itu melepas tugboat dan melihat ada serpihan yang sekarang kita temukan pada radius tidak lebih dari 500 meter,” ucap Soerjanto.

“Jadi pesawat mengalami pecah ketika bersentuhan dengan air atau ketika impact terhadap air dan pesawat tidak pecah di udara. Kalau (pecah) di udara, serpihan akan lebar,” imbuh Soerjanto.

Selain itu, Soerjanto juga mengatakan jika salah satu mesin pesawat yang baru saja diangkat dari dasar laut tesebut masih dalam keadaan hidup ketika bersentuhan dengan air.

Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT610 jatuh di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat pada Senin 29 Oktober 2018 dengan membawa total 189 orang, termasuk pilot, kopilot dan awak kabin.

Loading...