Siapa Pemain Politik Genderuwo, Jokowi?

by -86 views
Siapa Pemain Politik Genderuwo Jokowi

Politik Genderuwo yang menakut-nakuti warga, siapa yang bermain politik ini?

Seperti yang diketahui jika Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin memiliki firasat atau tafsiran mengenai politik Genderuwo yang disampaikan oleh Jokowi, dimana yang dikatakan isinya hanya dengan cara menakut-nakuti masyarakat.

“Politik genderuwo itu seperti menebar pesimisme bahwa Indonesia akan hancur ketika kita sama-sama sedang berjuang bangsa,” kata Wakil Sekretaris TKN, Raja Juli Antoni dalam keterangannya, Jumat (9/11/2018).

“Presiden menyampaikan politik genderuwo, yakni politik dengan melakukan propaganda, menimbulkan ketakutan dan ketikdakpastian kepada rakyat,”

Ungkapan politik genderuwo ini disampaikan oleh Presiden Jokowi pada saat pidato di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah saat membagikan sertifikat tanah, dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan jika saat ini banyak pemain politik yang lebih bisa mempengaruhi masyarakat kearah negatif dan tidak menggunakan etika politik yang baik.

“Coba kita lihat politik dengan propaganda menakutkan, membuat ketakutan, kekhawatiran. Setelah takut yang kedua membuat sebuah ketidakpastian. Masyarakat menjadi, memang digiring untuk ke sana. Dan yang ketiga menjadi ragu-ragu masyarakat, benar nggak ya, benar enggak ya?” katanya.

Politikus yang menakut-nakuti itulah yang dia sebut sebagai politikus ‘genderuwo’.

“Cara-cara seperti ini adalah cara-cara politik yang tidak beretika. Masak masyarakatnya sendiri dibuat ketakutan? Nggak benar kan? itu sering saya sampaikan itu namanya politik genderuwo, nakut-nakuti,” tegasnya.

Lantas siapa yang bermain politik genderuwo? Tak jelas siapa yang dimaksud Jokowi, namun dari kubu lawannya di Pilpres 2019 langsung menepis bermain politik genderuwo.

Loading...